Bisnis

Sabtu, 18 September 2021

Negara ASEAN Didorong Ciptakan Program Percepatan Pemulihan Pariwisata



Pemerintah Indonesia mengajak World Tourism Forum Institute untuk bergandengan tangan dengan negara-negara anggota ASEAN membuat program dan kegiatan yang dapat mempercepat pemulihan pariwisata.


Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno dalam acara Global Tourism Forum - Leaders Summit Asia 2021, di sesi Ministers Talk dengan topik “Reopening ASEAN Tourism Destination for International Tourist”, Rabu (15/9/2021), mengatakan bahwa sektor pariwisata dan ekonomi kreatif siap berkolaborasi untuk memulihkan perekonomian pascapandemi.


"Saya ingin mengusulkan World Tourism Forum Institute untuk bergandengan tangan dengan negara-negara anggota ASEAN untuk membuat program dan kegiatan yang dapat mempercepat pemulihan pariwisata di wilayah kita. Indonesia siap dan berharap untuk memiliki kerja sama lebih lanjut," ujar Sandiaga.


Sandiaga juga mengajak negara-negara anggota ASEAN untuk saling meng-update tentang protokol kesehatan hingga vaksinasi terkini di masing-masing negara. Sehingga hal tersebut akan memunculkan pemahaman percepatan pembukaan destinasi wisata di tiap negara. "Mari berbagi update tentang protokol kesehatan dan keselamatan, vaksinasi kecepatan, termasuk prosedur perjalanan sehingga kita dapat memiliki pemahaman yang sama atau pengakuan tentang apa yang sebenarnya terjadi. Dan mari kita bersikap objektif dengan langkah-langkah yang diperlukan untuk menjaga kondisi kesehatan dan keselamatan negara tuan rumah," kata Sandi.


anggota asean didorong ciptakan program percepatan pemulihan pariwisata Source: Kemenparekraf

Dalam kesempatan itu, Sandiaga juga menjelaskan strategi pemulihan pariwisata Indonesia. Di antaranya instruksi dari Presiden RI terkait percepatan pembangunan infrastruktur di 5 Destinasi Super Prioritas (Borobudur, Danau Toba, Labuan Bajo, Likupang, dan Mandalika). Kemudian, penerapan CHSE (Cleanliness, Health, Safety, and Environment Sustainability) sebagai protokol untuk mengembalikan kepercayaan dan keyakinan wisatawan. Selain itu menerapkan dan mengatur pengaktifan kembali Kalender Acara di seluruh Indonesia dengan protokol kesehatan, serta merangkul pelaku ekonomi kreatif.


Menurut Sandiaga, Indonesia akan membuka kembali destinasi wisata untuk wisatawan mancanegara secara bertahap. Pembukaan pariwisata Indonesia akan bergantung beberapa prasyarat, yakni pandemi COVID-19 yang dapat dikendalikan, artinya destinasi harus berada dalam risiko penularan yang rendah dan fasilitas kesehatan yang memadai tersedia.


anggota asean didorong ciptakan program percepatan pemulihan pariwisata Source: Kemenparekraf

Selain itu, persiapan pembukaan pariwisata Indonesia, juga mengharuskan percepatan vaksinasi, memastikan kesiapan pelaku usaha dan seluruh masyarakat dalam menjaga penerapan protokol kesehatan yang ketat dan disiplin secara end to end. Serta kesiapan industri pariwisata untuk menerapkan protokol CHSE (Cleanliness, Health, Safety, and Environment Sustainability) yang dilengkapi dengan Peduli Lindungi.


"Terkait pembukaan kembali destinasi, ini akan dilakukan secara bertahap dan menyeluruh setelah evaluasi untuk menentukan keseimbangan yang aman antara ‘gas dan rem’," ujar Sandiaga.


Bagi wisatawan mancanegara yang akan berwisata ke Indonesia nantinya juga akan ada persyaratan yang harus dipenuhi, yakni wisatawan mancanegara dari negara-negara yang menjalin skema Travel Corridor Arrangement (TCA) dengan Indonesia. Wisatawan harus memenuhi persyaratan pelaku perjalanan internasional seperti menunjukkan sertifikat vaksin COVID-19 dosis lengkap, melakukan karantina selama 8 hari serta melakukan tes PCR sebanyak tiga kali.


"Kami sekarang mempertimbangkan pendekatan sepihak dengan mengatur prosedur perjalanan yang aman (mulai dari pra-kedatangan, kedatangan, dalam tujuan, proses keberangkatan) serta menentukan negara yang dipertimbangkan seperti risiko penularan yang rendah dan tingkat vaksinasi yang tinggi sehingga wisatawan mancanegara diperbolehkan berkunjung Indonesia,” jelasnya.


Event Global Tourism Forum-Leaders Summit Asia 2021 menghadirkan 49 pembicara internasional dan 22 pembicara dari Indonesia. Acara yang diselenggarakan secara hybrid di Hotel Raffles ini dibuka oleh Wakil Presiden Ma'ruf Amin. Dalam kesempatan itu, ia menyebut, pada 2020 menjadi tahun yang berat bagi industri pariwisata global, termasuk Indonesia. Sebab, sektor pariwisata menjadi sektor yang paling terdampak pandemi COVID-19 ditandai dengan penurunan signifikan jumlah kunjungan wisatawan.


Data UNWTO menunjukkan jumlah wisatawan internasional menurun 74 persen secara global akibat pandemi, dengan kehilangan potensi pendapatan mencapai 1,3 triliun dolar AS, serta 100-120 juta pekerja pariwisata kehilangan pekerjaan. Wilayah Asia dan Pasifik mengalami penurunan paling drastis mencapai 84 persen.


Wapres menyampaikan tren wisata dunia saat ini diwarnai dengan wisata halal. Namun saat ini, implementasi pengembangan wisata halal di Indonesia masih terkendala, karena masih rendahnya literasi masyarakat mengenai konsep wisata halal. Oleh karena itu, ia mengajak berbagai pihak untuk meningkatkan literasi konsep wisata halal.


"Kita semua perlu untuk meningkatkan literasi masyarakat mengenai konsep wisata halal. Upaya ini dimaksudkan untuk mendukung agar Indonesia menjadi leader dalam global wisata halal, sekaligus juga untuk meningkatkan minat wisatawan muslim dunia datang ke Indonesia, " ujar Ma'ruf, seperti dilansir laman resmi Kemenparakref.

Perusahaan Jasa Pengiriman PT REX Buka Lowongan Kerja



Anda bingung mau kerja di mana? Masih menganggur. Gak usah bingung. Ini ada lowongan kerja menarik buat kalian.

PT Royal Express Indonesia (REX) sedang mencari pegawai baru. Lowongannya dibuka pada September hingga Oktober 2021. Jadi, kirimkan saja lamaran jika Anda adalah lulusan minimal SMA/SMK Sederajat, D-III, dan S-1.

REX adalah perusahaan yang bergerak di bidang jasa pengiriman dokumen dan paket tujuan domestik dan internasional melalui transportasi udara, laut, dan darat. Kali ini, REX membuka 8 posisi. Pelamar harus berdomisili di wilayah Kediri, Bandung, Cikarang, Sukabumi, dan Jakarta.

Nah, berdasarkan dari website resmi perusahaan, yaitu rex.co.id/en/career, rincian posisi, kualifikasi, dan batas pendaftarannya adalah sebagai berikut:

1. Data Entry Outbound

Kualifikasi:

·        Pria berusia maksimal 28 tahun.

·        Pendidikan minimal SMA/SMK sederajat.

·        Pengalaman kerja di bidang Admin Operasional minimal 2 tahun.

·        Menguasai penggunaan aplikasi Microsoft Office (Word, Excel dan E-mail Outlook).

Lokasi: Kediri

Batas Pendaftaran: 30 September 2021

2. Admin CS Dispatcher

Kualifikasi:

·        Berusia maksimal 28 tahun.

·        Pendidikan minimal SMA/SMK.

·        Pengalaman kerja minimal 2 tahun.

·        Merespons order customer dan distribusi order pengiriman ke semua kurir.

·        Menguasai penggunaan aplikasi Microsoft Office (Word, Excel dan E-mail Outlook).

 

Lokasi: Kediri

Batas Pendaftaran: 30 September 2021

3. Marketing

Kualifikasi:

·        Pria atau wanita berusia maksimal 35 tahun.

·        Pendidikan minimal D-III atau S-1.

·        Pengalaman minimal 2 tahun di bidang Jasa Kurir.

·        Pengalaman sebagai Marketing Corporate.

·        Familiar dengan media sosial, seperti FB, IG, dan lain-lain.

·        Kreatif dan bekerja dengan orientasi target.

Lokasi:

1.     Kediri, Jawa Timur, dan sekitarnya (Batas Pendaftaran 30 September 2021)

2.     Bandung (Batas Pendaftaran 31 Oktober 2021)

3.     Cikarang (Batas Pendaftaran 31 Oktober 2021)

4. Kurir Motor

Kualifikasi:

·        Pria berusia maksimal 35 tahun.

·        Pendidikan minimal SMA/Sederajat.

·        Wajib memiliki SIM C dan motor pribadi.

·        Pengalaman kerja di bidang Delivery atau Jasa Kurir.

·        Paham wilayah Kediri (Jawa Timur) dan sekitarnya.

·        Bisa bekerja baik dalam tim maupun secara mandiri.

·        Sigap dan memiliki loyalitas yang baik.

Lokasi: Kediri

Batas Pendaftaran: 30 September 2021.

5. Kurir Mobil

Kualifikasi:

·        Pria berusia maksimal 35 tahun.

·        Pendidikan minimal SMA/Sederajat.

·        Harus memiliki SIM A dan SIM B1.

·        Pengalaman kerja di bidang Delivery atau Jasa Kurir.

·        Paham wilayah Kediri (Jawa Timur) dan sekitarnya.

·        Bisa bekerja baik dalam tim maupun secara mandiri.

·        Sigap dan memiliki loyalitas yang baik.


Baca juga  BUMN PT Kima (Persero) Membuka Lowongan Kerja Staf Legal


Lokasi: Kediri

Batas Pendaftaran: 30 September 2021

6. Admin CS

Kualifikasi:

·        Berusia maksimal 28 tahun.

·        Pendidikan minimal SMA/Sederajat.

·        Pengalaman kerja minimal 2 tahun.

·        Menguasai penggunaan aplikasi Microsoft Office (Word, Excel dan E-mail Outlook).

·        Merespons order customer dan distribusi order pengiriman ke semua kurir.

Lokasi: Sukabumi

Batas Pendaftaran: 31 Oktober 2021

7. Leader

Deskripsi Pekerjaan:

·        Bertanggung jawab setiap hari untuk berjalannya operasional cabang.

·        Meningkatkan penjualan dan customer cabang.

·        Mengatur tim personel cabang.

·        Bekerja sesuai dengan target yang telah ditentukan oleh perusahaan.

Kualifikasi:

·        Pria berusia maksimal 35 tahun.

·        Pendidikan minimal SMA/Sederajat.

·        Wajib memiliki SIM A.

·        Pengalaman kerja di bidangnya minimal 2 tahun.

Lokasi: Sukabumi

Batas Pendaftaran: 31 Oktober 2021

8. Admin Customer Services (CS)

Kualifikasi:

·        Pria berusia maksimal 28 tahun.

·        Pendidikan minimal SMA/Sederajat.

·        Pengalaman kerja minimal 2 tahun.

·        Menguasai penggunaan aplikasi Microsoft Office (Word, Excel dan E-mail Outlook).

·        Merespons order customer dan melakukan report hasil distribusi order pengiriman.

Lokasi: Jakarta dan sekitarnya

Batas Pendaftaran: 31 Oktober 2021

CARA Melamar:

·        Bagi yang tertarik, bisa melakukan pendaftaran dan mengunggah CV melalui tautan:

              rex.co.id/en/career

·        Perhatikan kembali batas pendaftaran yang berbeda pada tiap-tiap po

 

Jumat, 17 September 2021

Merger Indosat dengan Tri Bernilai Rp 85 Triliun


 

Ooredoo Q.P.S.C. (Ooredoo) dan CK Hutchison Holdings Limited (CK Hutchison) telah menandatangani perjanjian transaksi definitif terkait dengan rencana aksi merger bisnis telekomunikasi kedua perusahaan, yaitu PT Indosat Tbk (Indosat Ooredoo) dan PT Hutchison 3 Indonesia (H3I).


Total nilai transaksi tersebut diperkirakan mencapai 6,0 miliar dolar AS atau dalam mata uang lokal setara dengan Rp 85,8 triliun. Nantinya perusahaan merger bakal dinamai PT Indosat Ooredoo Hutchison Tbk (Indosat Ooredoo Hutchison).


Merger tersebut bakal menyatukan dua bisnis sehingga bisa saling melengkapi. Ini akan menjadi perusahaan telekomunikasi seluler terbesar kedua di Indonesia. Diperkirakan pendapatan tahunan mereka bakal menembus 3,0 miliar dolar AS atau sebanding dengan Rp 42,9 triliun.


Tentu merger tersebut akan memungkinkan korporasi memiliki skala, kekuatan finansial, dan keahlian yang bisa digunakan untuk bersaing lebih efektif. Merger aset dan produk juga memberi kesempatan entitas baru mampu menjangkau pasar yang lebih luas di seluruh wilayah Tanah Air.


Infrastruktur Indosat Ooredoo dan H3I akan saling melengkapi. Gabungan aset juga membuat perusahaan baru bisa mendapatkan profit dari sinergi biaya dan belanja modal. Manajemen memperkirakan rasio proses (run rate) tahunan sinergi sebelum pajak akan mencapai 300-400 juta dolar AS dalam tiga hingga lima tahun ke depan.


Indosat Ooredoo Hutchison akan dapat memanfaatkan pengalaman dan keahlian Ooredoo Group dan CK Hutchison dalam mengembangkan jaringan, teknologi, produk, serta layanan. Korporasi juga akan mendapatkan keuntungan atas operasi multinasional Ooredoo Group dan CK Hutchison yang tersebar di pasar Eropa, Timur Tengah, Afrika Utara, dan Asia Pasifik.


Kekuatan dan skala ekonomi yang digabungkan juga akan menguntungkan perusahaan pada berbagai fungsi, seperti pada kegiatan pengadaan. Pasar mobile di Indonesia juga diperkirakan akan mempertahankan persaingan yang sehat. Ini akan menjadi daya tarik bagi investasi jangka panjang pada industri ini.


Ooredoo Group memiliki 65 persen saham dan kendali atas Indosat Ooredoo lewat Ooredoo Asia, sebuah perusahaan induk yang dimiliki sepenuhnya. Penggabungan Indosat dan H3I akan menyebabkan CK Hutchison menerima saham baru di Indosat Ooredoo hingga 21,8 persen dari Indosat Ooredoo Hutchison. Pada saat yang sama, PT Tiga Telekomunikasi akan menerima saham baru Indosat Ooredoo hingga 10,8 persen dari Indosat Ooredoo Hutchison.


Bersamaan dengan penggabungan bisnis, CK Hutchison akan mendapatkan 50 persen saham dari Ooredoo Asia dengan menukar 21,8 persen sahamnya di Indosat Ooredoo Hutchison untuk 33 persen saham di Ooredoo Asia. Kemudian, CK Hutchison juga akan mendapatkan tambahan 16,7 persen kepemilikan di Ooredoo Group lewat transaksi senilai 387 juta dolar AS. Menyusul transaksi di atas, Para Pihak akan masing-masing memiliki 50 persen dari Ooredoo Asia, yang akan diberi nama baru yaitu Ooredoo Hutchison Asia dan memiliki 65,6 persen saham dan kendali atas Indosat Ooredoo Hutchison.


Pada akhir transaksi, Indosat Ooredoo Hutchison akan dikendalikan secara bersama-sama oleh Ooredoo Group dan CK Hutchison. Perusahaan gabungan akan tetap terdaftar di Bursa Efek Indonesia, dengan pemerintah Indonesia memiliki 9,6 persen saham, PT Tiga Telekomunikasi Indonesia memiliki 10,8 persen saham, dan pemegang saham publik lainnya memiliki kira-kira 14,0 persen saham.


Kedua perusahaan sepakat mencalonkan Vikram Sinha sebagai CEO dan Nicky Lee sebagai CFO Indosat Ooredoo Hutchison. Ahmad Al-Neama akan tetap menjadi Presiden Direktur dan CEO Indosat Ooredoo dan Cliff Woo akan tetap sebagai CEO H3I sampai selesainya merger. Setelah selesai, Ahmad Al-Neama dan Cliff Woo akan bergabung dengan Dewan Komisaris dari perusahaan hasil merger.


Managing Director Ooredoo Group Aziz Aluthman Fakhroo mengatakan, kesepakatan tersebut merupakan langkah signifikan menuju visi bersama kedua perusahaan untuk menggabungkan dua merek telekomunikasi dan menciptakan perusahaan telekomunikasi terbesar kedua di Indonesia. Dia menyampaikan, Ooredoo akan bekerja sama dengan CK Hutchison untuk memanfaatkan keahlian gabungan dari masing-masing grup untuk membangun telekomunikasi digital kelas dunia di Indonesia.


“Melalui skala ekonomi dan realisasi sinergi antara bisnis yang saling melengkapi ini, perusahaan hasil merger akan berada pada posisi yang tepat untuk memberikan laba atas investasi yang lebih tinggi bagi semua pemegang saham dan membangun momentum pertumbuhan luar biasa yang telah dicapai oleh Indosat Ooredoo,” ujar Fakhroo melalui keterangan resmi, Kamis (16/9/2021).


Group Co-Managing Director CK Hutchison Holdings Limited Canning Fok mengatakan, merger tersebut adalah kesempatan besar untuk menciptakan bisnis telekomunikasi yang lebih kuat dan lebih inovatif di Indonesia. Indosat Ooredoo Hutchison dapat mendorong perluasan dan peningkatan jaringan yang akan mendukung agenda digital pemerintah dan bermanfaat bagi pelanggan maupun Indonesia secara keseluruhan.


“Dengan skala yang lebih besar, spektrum yang diperluas, dan struktur biaya yang lebih efisien, Indosat Ooredoo Hutchison juga akan berada pada posisi yang lebih baik untuk memperluas peluncuran jaringannya serta meningkatkan kualitas dan kecepatan layanan,” kata Fok.


CK Hutchison, menurut Fok, berinvestasi dan mengoperasikan bisnis telekomunikasi di 12 pasar di seluruh dunia. Banyak di antaranya telah berhasil meluncurkan jaringan 5G. “Kami berharap dapat memperluas layanan 5G inovatif di Indonesia pada saat yang tepat,” tuturnya.

Renault akan Mengurangi 2.000 Pekerja di Prancis


 

Masalah kembali melanda produsen kendaraan bermotor. Kali ini Renault, produsen mobil asal Prancis, mengumumkan bakal mengurangi jumlah pegawainya hingga 2.000 pekerjaan, khususnya di bidang teknik dan pendukungnya.


Pengurangan pegawai Renault juga sebagai imbas dari langkah perusahaan yang akan beralih dan fokus menggarap kendaraan listrik. Renault telah mengumumkan pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap 4.600 di Prancis. Manajemen mengaku langkah ini sebagai bagian dari restrukturisasi luas untuk membuka pembicaraan dengan serikat pekerja tentang rencana terbaru.


Renault menyatakan akan menciptakan 500 pekerjaan baru setelah mempekerjakan 2.500 orang di bagian lain. Manajemen juga mengatakan akan membangun sembilan model mobil baru di Prancis.


Renault saat ini sedang mencoba untuk meningkatkan mobil listriknya. Karyawan baru akan berada di bidang-bidang khusus, seperti ilmu data atau spesialis kimia, saat perusahaan membangun keahliannya dalam pembuatan baterai kendaraan listrik.


Renault SA, seperti dilaporkan Market Watch, mengatakan pada Kamis (16/9/2021) malam bahwa mereka telah memulai negosiasi dengan serikat pekerja di Prancis untuk mencapai perjanjian kerja periode 2022-2024. Perjanjian tersebut termasuk rencana PHK dan perekrutan pegawai baru. Renault harus mengambil banyak pegawai baru karena perusahaan berencana untuk memproduksi model listrik.


Renault berencana memproduksi sembilan model kendaraan baru di Prancis pada tahun 2025. Sebagian besar dari kendaraan ini 100% menggunakan energi listrik.


Di bawah proyek ini, perusahaan ingin mempekerjakan 2.500 karyawan sambil memotong 2.000 pekerjaan di Prancis, yang akan mewakili peningkatan bersih 500 pekerjaan.


Renault mengatakan bahwa perjanjian itu akan membantu memosisikan Prancis di jantung kegiatan industri serta penelitian dan pengembangan dengan membangun teknologi yang berorientasi masa depan dan menciptakan nilai di negara ini.

Rabu, 15 September 2021

Menperin: Resiliensi Industri Teruji Menghadapi Pandemi



Industri manufaktur Indonesia secara umum memiliki resiliensi yang baik dengan terus menunjukkan geliat positif di tengah tekanan dampak pandemi Covid-19.


Pada triwulan II tahun 2021, pertumbuhan sektor industri pengolahan nonmigas meningkat cukup signifikan sebesar 6,91%. Sektor ini berkontribusi terhadap PDB nasional sebesar 17,34% atau lebih tinggi dibanding sektor ekonomi lainnya.


“Resiliensi industri manufaktur setidaknya telah teruji dalam dua krisis, yaitu krisis ekonomi tahun 1998 dan krisis pandemi Covid-19, di mana industri manufaktur mampu kembali bangkit setelah sebelumnya mengalami tekanan yang sangat kuat,” jelas Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita pada Bisnis Indonesia Award “Growth in Pandemic” secara daring di Jakarta, Rabu (15/9/2021).


Menperin menjelaskan, secara keseluruhan kinerja industri manufaktur Indonesia dari tahun ke tahun menunjukkan pertumbuhan yang selalu positif. Kontribusinya terhadap PDB selalu meningkat, investasi selalu bertambah, dan kontribusi terhadap ekspor selalu dominan dalam struktur ekspor nasional. Yang juga menggembirakan, resiliensinya tinggi terhadap gejolak lingkungan, termasuk terhadap krisis. Realitas kinerja industri manufaktur tersebut dengan demikian menepis pandangan bahwa tengah terjadi deindustrialisasi di Indonesia.


Kinerja gemilang industri, menurut Agus, ditandai dari Purchasing Manager’s Index (PMI) Manufaktur Indonesia dalam delapan bulan terakhir sejak November 2020 yang berada di level 50 atau dalam fase ekspansif. “Pada bulan Juni, posisinya berada di angka 53,5. Ini menunjukkan bahwa optimisme di sektor industri tetap terjaga,” kata Agus.


PMI manufaktur sempat terkontraksi ke level 40,1 akibat dampak pembatasan mobilitas dan operasi industri pada masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat. Namun pada Agustus 2021, posisi PMI manufaktur Indonesia bangkit kembali berada di angka 43,7. “Saya optimistis dalam satu atau dua bulan kita sudah dalam jalur ekspansi lagi,” katanya.


Ketangguhan lainnya, menurut Agus, tecermin dari capaian nilai ekspor industri pengolahan nonmigas pada Januari-Juli 2021 yang mencapai USD 94,62 miliar atau berkontribusi sebesar 78,47% dari total ekspor nasional. Jika dibandingkan dengan Januari-Juli 2020 (c to c), kinerja ekspor industri manufaktur pada Januari-Juni 2021 meningkat sebesar 31,36%. Angka ini bahkan lebih tinggi dari capaian sepanjang tahun 2020.


Di tengah masa kedaruratan yang telah berlangsung sejak Maret tahun lalu, Kementerian Perindustrian terus menyempurnakan kebijakan dalam rangka memastikan pelaksanaan protokol kesehatan dalam operasional dan mobilitas kegiatan industri. Bahkan, termasuk saat PPKM, sebagai salah satu cara pemerintah untuk membendung dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19.


“Melalui kebijakan tersebut, aktivitas sektor industri, baik itu yang berkaitan dengan aspek kesehatan dan keselamatan pekerja serta manajemen perusahaan, maupun keberlangsungan proses produksinya dapat terus berjalan baik. Jadi, sektor industri diharapkan dapat menjadi motor penggerak dalam upaya pemulihan ekonomi nasional,” ungkap Agus.


Guna mencapai sasaran tersebut, Kemenperin menerbitkan Surat Edaran Menteri Perindustrian, yang di antaranya berkaitan dengan implementasi Izin Operasional dan Mobilitas Kegiatan Industri (IOMKI). “Yang terakhir kami terbitkan adalah SE Menperin Nomor 5 Tahun 2021 tentang Perubahan SE No 3 Tahun 2021 tentang Operasional dan Mobilitas Pada Masa Kedaruratan Covid-19,” kata Agus.


Beberapa penyempurnaan yang diatur dalam SE Menperin 5/2021 tersebut, antara lain mengenai penjelasan operasional dan mobilitas kegiatan industri. Ini meliputi seluruh aktivitas perusahaan industri dan perusahaan kawasan industri sepanjang rantai nilainya, mulai dari pengadaan barang baku dan bahan penolong dari pemasok, operasional produksi dan pendukungnya, sampai dengan distribusi produk, termasuk mobilitas dan aktivitas staf, pekerja, karyawan, atau pegawainya.


Selain itu, di SE Menperin yang baru juga ada pengaturan tentang penggunaan aplikasi PeduliLindungi sehingga pegawai dapat terpantau dengan baik. “Kami juga melaksanakan vaksinasi untuk pelaku industri dan tenaga kerja perusahaan di bidang industri di area Jawa-Bali, dengan target 5 juta orang atau sebanyak 10 juta dosis yang dilaksanakan sejak Juli 2021,” ujar Agus.


Nilai pembangunan industri
Menperin menuturkan, kemandirian, kedaulatan, kemajuan, dan keadilan sosial adalah nilai yang harus disepakati dan dilestarikan sebagai ruh, paradigma, dan mainstream dalam setiap upaya pembangunan di berbagai sektor, termasuk pembangunan sektor industri manufaktur. Dengan demikian, pembangunan industri harus diarahkan pada tiga prinsip, yaitu membangun industri yang mandiri dan berdaulat, memacu industri yang maju dan berdaya saing, serta mewujudkan Industri yang berkeadilan dan inklusif.


Industri yang mandiri dan berdaulat mengandung arti bahwa keberlangsungan industri manufaktur dalam negeri tidak boleh tergantung pada sumber daya luar negeri. Di samping itu, produk-produk industri manufaktur dalam negeri mesti menjadi ‘tuan’ di negeri sendiri serta dipakai oleh dan menjadi kebanggaan anak bangsa.


Industri yang maju dan berdaya saing, jelas Agus, bermakna industri manufaktur dalam negeri memiliki daya saing global, menguasai pasar internasional, dan mengedepankan aspek keberlanjutan. Berkeadilan dan Inklusif berarti pembangunan industri manufaktur harus dilakukan secara merata di seluruh wilayah atau daerah di Indonesia dan memberikan manfaat bagi seluruh masyarakat hingga lapisan terbawah.


Dalam kerangka pembangunan industri yang mandiri dan berdaulat, Kemenperin terus mendorong optimalisasi beberapa program. Pertama, Program Subtitusi Impor 35% Tahun 2022. Kedua, Program P3DN. Dan, ketiga, hilirisasi sumber daya alam.


Selanjutnya, upaya mewujudkan industri yang maju dan berdaya saing dilakukan melalui empat program. Pertama, program Making Indonesia 4.0. Kedua, program industri hijau dan industri biru. Ketiga, program stimulus produksi dan daya beli. Keempat, implementasi non-tarrif barrier.


Kemudian, kebijakan atau program yang mengarah pada upaya mewujudkan industri yang berkeadilan dan inklusif di antaranya adalah implementasi harga gas bumi tertentu. Kemudian, program pengembangan IKM dan Bangga Buatan Indonesia (BBI) pembangunan kawasan industri di luar Pulau Jawa, serta program industri halal.

 

Pabrik Baterai Mobil Listrik Siap Dibangun di Daerah Karawang


Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia menyatakan, Indonesia akan membangun pabrik baterai kendaraan listrik atau mobil listrik (moblis). Bahlil memastikan pabrik tersebut berlokasi di Karawang, Jawa Barat, dengan nilai investasi sebesar 1,1 miliar dolar AS.


Bahlil juga menegaskan, pabrik tersebut nantinya akan menyerap dan memprioritaskan pekerja dari dalam negeri. “Di dalam MoU, kami tekankan mereka, lapangan pekerjaan harus seluas-luasnya untuk lapangan pekerjaan dalam negeri. Tidak untuk luar negeri,” ujar Bahlil dalam seremoni peletakan batu pertama pabrik Hyundai Motor Group dan LG Energy Solution di Karawang, Jawa Barat, yang disebarkan ke publik secara virtual, Rabu (15/9/2021).


Tenaga kerja asing (TKA), menurut Bahlil, hanya diperbolehkan untuk pekerjaan yang berkaitan dengan spesifikasi khusus dan jabatan tertentu. “Waktu kami bicara dengan menko-nya Korea, sepakat lapangan pekerjaan akan diprioritaskan kepada lapangan pekerjaan untuk dalam negeri,” kata Bahlil.


Bahlil menuturkan, proyek baterai kendaraan listrik itu juga didorong untuk menggaet pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan pengusaha nasional di daerah. Itu semua sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo serta amanat Undang-Undang Cipta Kerja pasal 90.


Konsorsium Hyundai yang terdiri atas Hyundai Motor Company, KIA Corporation, Hyundai Mobis, dan LG Energy Solution bekerja sama dengan PT Industri Baterai Indonesia atau Indonesia Battery Corporation (IBC) akan membangun pabrik baterai kendaraan listrik (EV) di Karawang, Jawa Barat. Pabrik ini nantinya akan dikelola oleh PT HKML Battery Indonesia. Pabrik bakal menyuplai kendaraan listrik produksi Hyundai.


Pabrik hasil patungan beberapa perusahaan ini akan membuat sel baterai dengan kapasitas produksi 10 Gigawatt Hour (GWh). Ini merupakan bagian dari keseluruhan rencana proyek baterai kendaraan listrik terintegrasi senilai 9,8 miliar dolar AS atau setara dengan Rp 142 triliun yang sudah ditandatangani bersama dengan Korea Selatan. Terkait dengan penyerapan tenaga kerja, proyek pabrik sel baterai kendaraan listrik ini menurut rencana bakal mencapai 1.000 orang.


Menurut Chairman Hyundai Motor Group (HMG) Euisun Chung, pabrik baterai yang dibangun di Indonesia ini adalah pabrik produksi baterai kendaraan listrik pertama di dunia yang akan dibangun di Asia, selain di Korea, Cina, dan Jepang. Perusahaan bakal terus mendorong pengembangan industri, termasuk bisnis sistem baterai, kendaraan listrik, dan infrastruktur pengisian daya.


Chung berharap dengan pembangunan ekosistem kendaraan listrik ini Indonesia akan berperan penting sebagai pusat pasar kendaraan listrik ASEAN pada masa mendatang. “Kami percaya groundbreaking ceremony yang diadakan hari ini akan menjadi titik awal lebih memperkuat kemitraan antara kedua grup dan Indonesia untuk kerja sama di masa depan,” ujar Chung.


Indonesia, menurut CEO LG Energy Solution Jonghyun Kim, menempati urutan pertama dalam pertambangan nikel sebagai bahan baku utama baterai. Indonesia juga pasar mobil terbesar di kawasan ASEAN. “Menggunakan lingkungan dan kondisi Indonesia yang baik sebagai batu loncatan, kami akan aktif membina pabrik bersama ini sebagai basis utama menuju pasar kendaraan listrik global di luar pasar ASEAN,” katanya.